Workshop Basic Installasi Wireless LAN

Workshop Basic Installasi Wireless LAN

A. Pengenalan Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah menggabungkan dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Dengan adanya jaringan komputer tersebut memungkinkan antara komputer satu dengan yang lain bisa berkomunikasi dan berbagi pakai (sharing) baik hardware maupun software. Secara singkat manfaat jaringan komputer bisa dijelaskan berikut:

• Dengan jaringan komputer bisa mengakses file yang dimilikinya atau file orang lain yang telah diberikan ijin untuk hak akses, dimanapun dan kapanpun.

• Dengan jaringan komputer dapat mengirimkan data secara cepat dan efisien

• Dengan jaringan komputer bisa sharing hardware antar client-nya, contohnya penggunaan printer secara bersama.

• Dengan jaringan komputer bisa saling berkomunikasi antar negara dengan menggunakan berbagai teknologi komunikasi seperti audio dan nvideo secara real time.

• Dengan jaringan komputer bisa menghemat biaya operasional kantor seperti pengiriman surat yang digantikan dengan email.

B. Penggolongan Jaringan Komputer

Dalam menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan tentunya membutuhkan sebuah media atau peralatan. Secara garis besar penggunaan media untuk menghubungkan komputer dapat dibedakan sebagai berikut :

1. Wired (Kabel)

– Coaxial

– STP (Shielded twisted pair)

– UTP (Unshielded twisted pair)

– Fiber Optic

Contoh Kabel UTP

2. Unwired (Wireless)

– Satellite

– Microwave

– Infrared

– Bluetooth

– Wi-Fi

-WiMax

Gambaran mengenai cara menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan disebut Topologi jaringan. Topologi yang banyak digunakan antara lain:

1. Topologi Bus

2. Topologi Star (bintang)

3. Topologi Bus-Star

4. Topologi Ring

5. Topologi Mesh

Gambar Topologi Jaringan

Secara sederhana ada dua skema jaringan yang dipilih banyak orang yaitu

1. Peer to peer

Yaitu menghubungkan 2 buah komputer atau lebih secara langsung, biasanya kalau menggunakan kabel kita kenal dengan istilah cross over sedangkan jika menggunakan Wireless disebut Ad-Hoc Mode

2. Client/Server

Pada skema ini adanya sebuah server yang dilengkapi dengan software khusus yang mengatur segalanya di jaringan, client adalah komputer-komputer yang terhubung ke server untuk mengakses sumber daya yang ada dan Komunikasi antar client harus melalui server. Istilah dalam Wireless skema ini disebut Infrastructure Mode.

C. Wi-Fi

Pada makalah wokshop ini kita bahas saja penggunaan wi-fi sebagai media perantara dalam jaringan komputer. Wi-fi singkatan dari Wireless Fidelity adalah istilah teknologi jaringan wireless dengan menggunakan standart IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) 802.11.

Wireless Alliance adalah organisasi yang mempromosikan standart ini, serta mengeluarkan sertifikat berlabel “Wi-Fi Certified “ terhadap semua produk Wireless LAN yang berarti mempunyai kompabilitas satu dengan lainnya sekalipun berbeda jenis. Label Wi-Fi adalah trademark yang telah diregister, sehingga hanya produk yang telah mendapat sertifikat dari Wi-Fi Alliance yang berhak mencantumkan label Wi-Fi dan berlaku untuk standart 802.11a/b/g.

Beberapa standart 802.11 yang dibangun oleh IEEE pada tahun 1997 antara lain

1. 802.11, standart transmisi 1-2 Mbps pada band 2.4 Ghz menggunakan FHSS atau DSSS

2. 802.11a, standart transmisi 54 Mbps pada band 5 Ghz menggunakan OFDM

3. 802.11b, standart transmisi 11 Mbps pada band 2.4 Ghz menggunakan DSSS

4. 802.11g, standart transmisi 54 Mbps pada band 2.4 Ghz menggunakan DSSS

Workshop Basic Wireless LAN Created By : ajijawa@gmail.com 3Standart Data Rate Modulation Security Keterangan
IEEE 802.11 2 Mbps

2.4 Ghz

FHSS

DSSS

WEP & WPA Spesifikasi diperluas di 802.11b
IEEE 802.11a

( Wi-Fi Certified)

54 Mbps

5 Ghz

OFDM WEP & WPA Ada 8 kanal di 5 Ghz, interferensi lebih rendah dibanding 802.11b/g. lebih baik dari b untuk multimedia, voice, video, dan grafis ukuran besar pada lingkugan yang lebih padat. Jangkauan area relatif lebh sempit dan tidak kompatibel dengan 802.11b
IEEE 802.11b

(Wi-Fi Certified)

11 Mbps

2.4 Ghz

DSSS

CCK

WEP & WPA Tidak kompatibel dengan 802.11a, perlu sedikit lebih access point dari pada 802.11a untuk jangkauan area yang sama. Transfer rate tinggi sampai 300 feet dari base station. Ada 14 kanal di 2.4 Ghz dan hanya 3 kanal non overlap.
IEEE 802.11g

(Wi-Fi Certified)

54 Mbps

2.4 Ghz

OFDM

>20 Mbps

DSSS

CCK

<20 Mbps

WEP & WPA Kompatibel dengan 802.11b, ada 14 kanal di 2.4 Ghz dan hanya 3 kanal non overlap.
Bluetooth 2 Mbps

2.45 Ghz

FHSS PPTP, SSL & VPN Tidak mendukung TCP/IP, paling baik digunakan untuk komunikasi PDAs, selular dan PC dalam area sempit
HomeRF 10 Mbps

2.4 Ghz

FHSS Jaringan independen IP address untuk setiap jaringan. Data dikirim dengan algoritama enkripsi 56-bit Ditujukan untuk penggunaan rumah. Jangkauan area 150 feet dari base station
HiperLAN/1 20 Mbps

5 Ghz

CSMA/CA Enkripsi per sesi dan otentikasi individual Hanya di eropa, model Ad-Hoc, tidak memerlukan konfigurasi dan tidak ada base station
HiperLAN/2 54 Mbps

5 Ghz

OFDM Keamanan yang kuat dan dukungan otentikasi individual dan kunci enkripsi per-sesi Hanya di eropa, di desain untuk menjadi carrier sel ATM, paket IP, paket Firewire (IEEE 1394) dan suara digital.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: